Ini Hasil Musyawarah GUGUS DEPAN 15.057 / 15.058

 

 

Pada hari  Jum’at, 22 juli 2022 di ruang Keterampilan SMP Negeri 29 Purworejo diadakan musyawarah Gugus Depan 15.057 & 15.058 Gerakan Pramuka yang berpangkalan di SMP Negeri 29 Purworejo tahun 2022 dibawah pimpinan Hartanto, S.Pd.

Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB untuk Upacara Pembukaan dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Basuki, S.Pd. dan sebagai pembawa acara adalah Estu Widyana Kasih, M.Pd.

Tujuan diadakannya Musyawarah Gugus Depan ini  adalah sebagai laporan pertanggungjawaban Ketua Gudep Masa Bakti 2020 – 2022 dibacakan oleh Budi Wijiarso, S.Pd., Rencana Kerja Gudep 2022 – 2024, dan memilih Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan masa bakti 2022 – 2024, Pembentukan Kepengurusan Gugus Depan dan Pembentukan Dewan Kerja Penggalang serta Dewan Kehormatan Penggalang.

Acara selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Drs. Wahyudi Waluyojati, MM.Pd. sekaligus membuka Musyawarah Gugus Depan. Dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada Kakak-kakak Pembina, Bapak Ibu Perwakilan Komite Sekolah, serta adik-adik Dewan Penggalang yang telah hadir pada acara ini.

Sebagai wahana pendidikan nonformal peran Pramuka tidak dapat dipandang sebelah mata, terutama pada pengembangan pola piker, karakter dan tentunya eksplorasi bakat dapat ditemukan dan diasah di Gerakan Pramuka. Jika secara kompleks apa yang diharapkan dari tujuan gerakan Pramuka Indonesia tercapai, maka anak muda sebagai penerus bangsa akan memiliki keterampilan ekstra di luar pendidikan formal, lebih –lebih dalam hal penanaman keterampilan kepemimpinan atau leadership.

 

Perlu diketahui bahwa SMP Negeri 29 Purworejo sangat konsen terhadap perkembangan dan berkesinambungannya kegiatan kepramukaan, diantaranya dengan memperkuat lembaganya yakni Gugus Depan Pramuka 15.057 / 15.058 yang berpangkalan sekolah sebagai wadah untuk menghimpun anggota Pramuka dalam merumuskan dan menjalankan aktifitasnya.

Acara sidang Pleno I yang dipimpin oleh Sugeng Pranotohadi, S.Pd., antara lain pemilihan Presidium Sidang, Pembacaan dan Pengesahan Susunan Acara dan Tata Tertib MUGUS 2022,  dilanjutkan dengan sidang Pleno II dengan laporan pertanggungjawaban dari masing-masing Pembina Gugus Depan. Kemudian sidang Pleno III yaitu sidang Tim Formatur, Pembahasan Program, Pembacaan dan Pengesahan hasil sidang tim Formatur, dan sidang Pleno IV Pembacaan hasil sidang Mugus 2022.

Program Kegiatan yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya antara lain : Penerimaan Golongan Siaga ke Penggalang, latihan SKU Penggalang Ramu, Ujian SKU Penggalang Ramu, Latiha SKU Penggalang Rakit, Pelantikan Kenaikan Pangkat, Latihan SKK, Ujian SKK dan Latihan Tambahan.

Untuk program selanjutnya yaitu musyawarah Gugus Depan, Gladian Pemimpin Regu, Menyiapkan Penggalang Garuda, Latihan Gabungan, Perkemahan Dekat ( PERSAMI ), Perkemahan jauh, Lomba Tingkat I dan II, Lomba memperingati HUT RI, Lomba antar Regu, Bakti Masyarakat, Refreshing dan Tanda Jejak, Evaluasi, dan Rencana Tindak Lanjut ( RTL ).

Musyawarah Gugus Depan SMP Negeri 29 Purworejo Tahun 2022 ini dihadiri oleh  Majelis Pembimbing dan Pimpinan / Pembina Gudep 15.057 / 15.058 SMP Negeri 29 Purworejo tahun 2022-2024, Paiso Pramudito, S.Pd. dan anggota Komite sekolah ( Perwakilan Orang Tua ), Dewan Kerja Penggalang dan Dewan Kehormatan Penggalang serta Warga Sekolah lainnya.