Sejumlah 20 guru dari 3 SMP yang ada di Kecamatan Loano dan Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo mengikuti Seminar Penelitian Tindakan Kelas yang diadakan di SMP Negeri 29 Purworejo, Sabtu 10 April 2021. Seminar Pendidikan dengan tema “Guru Kreatif, Inovatif dan Inspiratif Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” menampilkan 2 orang guru yang telah menyelesaikan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu : Estu Widiyana Kasih, M.Pd., guru mata pelajaran Prakarya dan Misnah, M.Pd., guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Keduanya guru yang mengajar di SMP Negeri 29 Purworejo. Tujuan dari mengadakan seminar ini adalah untuk meningkatkan professional guru ini, sebagai salah satu persyaratan guru-guru untuk menuju jenjang pangkat yang lebih tinggi.

Sesuai dengan peraturan perundangan yang ada, setiap guru yang akan naik pangkat dari jenjang IIIb keatas, diwajibkan membuat sebuah karya tulis sebagai penilaian khusus dalam angka kredit. Karya tulis dimaksud berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang banyaknya ditentukan sesuai keperluan penilaian dan wajib dipublikasikan atau diseminarkan. Ketua Panitia seminar Hartanto S.Pd., mengatakan, seminar PTK yang dilaksanakan bertujuan mengadakan penyempurnaan karya tulis yang kiranya masih bermasalah. “Disamping itu pula, membiasakan para guru untuk mampu menyusun karya tulis sebagai persyaratan utama dalam kenaikan pangkat,” ujarnya.

Tujiman, S.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 29 Purworejo, memberikan sambutannya dan apresiasi buat guru-guru atas perannya dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas sebagai wujud Pengembangan Keprofesian Berkelanjutann. Dengan kreativitas, inovasi dalam pembelajaran harapannya bisa menginspitasi siswa dalam belajar.

Peserta seminar sendiri sebanyak 20 orang guru dari 3 sekolah, yakni SMP Negeri 25 Purworejo, SMP Negeri 29 Purworejo dan SMP Swasta Bharata Bener. Sedangkan waktu pelaksanaan seminar berlangsung selama 1 hari, Sabtu 10 April 2021.

Pengawas Dabin Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo, Drs. Subkhan, M.Pd. yang hadir saat pembukaan seminar menjelaskan, peningkatan profesional guru melalui penyusunan laporan PTK tidak hanya sekedar teoritis guru telah melaksanakan penelitian saja tetapi juga harus berwujud nyata dalam tindakan nyata, khusunya dalam pengembangan karakter.

Dengan dipandu oleh Moderator, Budi Wijiarso, S.Pd., setiap peserta seminar, diberikan waktu 10 menit untuk menyajikan karya tulisnya dan 20 menit melakukan tanya jawab seputar karya tulis tersebut. Penilaian dilakukan oleh Teguh Widodo, M.Pd.( Kepala SMP Negeri 6 Purworejo) selaku Pembimbing Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang akan memberikan penilaian dari presentasi yang disajikan para peserta. Selain itu, Teguh Widodo memberikan motivasi kepada seluruh peserta seminar, bahwa dengan aktif menyusun PTK, membuat artikel, menulis buku pedoman guru dan mengadakan seminar, guru bisa mengajukan kenaikan pangkat setiap tahunnya.

Diakhir kegiatan seminar, moderator menyampaikan kesimpulannya bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi indikator kreativitas dan inovasi guru dalam meningkatkan profesionalisme serta sumber inspirasi bagi siswa untuk menjadi generasi unggul bagi Indonesia maju.

Purworejo, 10 April 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.